Kamis, 17 Januari 2008

SELEKSI ALAM


Seleksi alam yang dimaksud dalam teori evolusi adalah teori bahwa makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya lama kelamaan akan punah. Yang tertinggal hanyalah mereka yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Dan sesama makhluk hidup akan saling bersaing untuk mempertahankan hidupnya.

Tapi hal ini, jika kita lihat pada dunia semut maka tidaklah beralasan. Karena untuk mempertahankan hidupnya justru mereka saling bekerja sama. Begitu juga pada dunia lebah. Ataupun kerjasama antara hiu dengan ikan-ikan kecil yang membersihkan bakteri-bakteri di tubuhnya.Ikan-ikan kecil itu misalnya remora

Selain seleksi alam, terdapat juga seleksi seksual.

Contoh seleksi alam misalnya yang terjadi pada kupu-kupu biston betularia. Kupu-kupu biston betularia putih sebelum terjadinya revolusi industri jumlahnya lebih banyak daripada kupu-kupu biston betularia hitam. Namun setelah terjadinya revolusi industri, jumlah kupu-kupu biston betularia putih lebih sedikit daripada kupu-kupu biston betularia hitam. Ini terjadi karena ketidakmampuan kupu-kupu biston betularia putih untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Pada saat sebelum terjadinya revolusi di Inggris, udara di Inggris masih bebas dari asap industri, sehingga populasi kupu-kupu biston betularia hitam menurun karena tidak dapat beradaptsi dengan lingkungannya. namun setelah revolusi industri, udara di Inggris menjadi gelap oleh asap dan debu industri, sehingga populasi kupu-kupu biston betularia putih menurun karena tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan, akibatnya mudah ditangkap oleh predatornya.

1 komentar:

Christian mengatakan...

SEPP !!!
Gua udh dpt jawabannya.
TQ.